Thursday, May 6, 2010

Pearl Jam Nite V : Endangered Species campaign, Day 3

03.Hylobates moloch si owa jawa


Beberapa suara mendefinisikan dan mewakili ekosistemnya. Auman singa dan terompet gajah menjadi penanda ekosistem savana Afrika. Nyanyian kera dan monyet menjadi suara hutan di Brazil. Maka, seharusnya hutan di negara kita juga mampu "bersuara".

Jawa di masa lampau tak kalah dengan hutan Amazon. "Suara" hutan diwakili oleh lengkingan keras primata, owa Jawa (Hylobates moloch). Owa Jawa merupakan satu dari bagian keluarga Gibbon yang ada di Indonesia, dan mempunyai bulu berwarna biru keperakan.

Lengkingan itu merupakan penanda teritorial. Owa adalah makhluk sosial, seperti halnya rata-rata keluarga primata, yang mempunyai teritori khusus. Bila ada yang menerobos, maka owa akan mengeluarkan suara lengkingan untuk mengusir si pengganggu. Jadi bisa kita bayangkan betapa bisingnya hutan-hutan di Jawa pada masa lampau. Seperti gambaran atmosfer hutan-hutan liar yang ada di film, meriah dengan suara-suara alam.

Sayangnya, itu hanya bisa dibayangkan dalam lamunan nostalgik. Untuk membayangkan hutan di Jawa sekalipun sudah susah. Rapatnya permukiman manusia, atau lahan pertanian dan ladang yang meluas membuat habitat owa Jawa makin terdesak. Itu adalah ancaman paling nyata bagi binatang yang sensitif terhadap teritori mereka. Owa tidak dapat dipaksa hidup dalam habitat yang menyempit. Maka, resikonya adalah berkurangnya populasi owa di pulau Jawa secara drastis. Keberadaan mereka tinggal di hutan-hutan lindung yang berada di pucuk pegunungan. Itu juga masih menghadapi bahaya besar kedua, yakni seringnya binatang ini ditangkap untuk dijadikan peliharaan.

Owa adalah binatang liar yang memberi warna terhadap habitatnya, sebagai salah satu suara alam yang dominan. Teriakan owa kini hampir tidak akan terdengar lagi di alam liar Jawa, menyusul jumlah yang makin menyusut serta ketakutan ekstrim mereka terhadap manusia. Hutan di Jawa kini seperti hutan bisu. Tak punya suara dan kuasa.

Teks: Hilman
Art: Davro

No comments: